Monday, May 22, 2006

tentang kehidupan unggas

Burung-burung di sini sangat makmur. Mereka gendut, lamban, dan tidak takut manusia. Burung-burung di Indonesia, in contrast, kurus, lincah, dan nyaris tidak pernah kelihatan.

Saya duduk-duduk di park sambil makan... tiba-tiba seekor burung nimbrung dekat sekali, tidak sampai satu meter. Saya pelototin. Si burung tenang-tenang saja. Saya pingin mendekati, tapi tidak begitu berani (loh, orang lebih takut dari burung daripada burung takut sama orang). Si burung tetap saja berdiri dengan angkuh, tak bergerak sedikit pun. Saya mikir, coba di Indonesia, pasti sudah dibedil.

Populasi burung yang makmur di sini, menjadikan mereka begitu bahagia, hidup aman tenteram, tidak pandai membela diri, besar mulut (berkoak-koak), manja dan suka minta makan sama manusia. Sungguh berbeda dengan populasi burung di negara asal kita yang begitu waspada dan lincah, malah paranoid. Apakah salah kita mengganggu kehidupan lingkungan alam seperti itu? Atau malah seharusnya memang kita mendidik mereka jadi makhluk waspada (supaya tidak gampang punah)?

Why am I posting about birds?

0 Comments:

Post a Comment

<< Home