Wednesday, May 24, 2006

tentang masa depan

Waktu kita kecil, memang rasanya nggak usah terlalu mikir... Habis TK, ngapain? Jelas SD. Habis SD? Jelas SMP, dan dilanjutin lagi dengan SMA. Lalu diikuti universitas. Oke, memang kasus saya sedikit lain karena setelah SMA selaam 3 bulan, tiba-tiba saya pasrah digeret ke Secondary School alias SMP lagi, atau mundur selangkah, di pulau mungil negeri seberang. Lalu, habis Sec School? Ya JC... Lalu setelah itu?

Sekarang, tiba-tiba berbagai kemungkinan yang membeludak tiada tara terbuka. Dan saya baru berbicara tentang universitas.

Hampir semua teman-teman seperjuangan saya sedang bingung nan kalut memilih, mau kuliah di mana, mau masuk jurusan apa... mau ngapain... Kadang-kadang, change is scary.

Hari ini, waktu saya genap seminggu sebelum deadline menerima tawaran masuk NUS. Hati sih sudah lumayan bulat, itu tawaran saya bakal tolak, karena saya mau melihat dunia (cieh) di luar Pulau Singa.

Di benua kangguru ini, saya belum ada kepastian yang jelas sama sekali. Application process masih terbuka, dan offer entah baru datang kapan. Jadi, apabila saya menolak NUS, itu berarti saya end up dengan tidak ada tawaran universitas sama sekali.

Kenapa saya menolak NUS? Well, selain alasan ingin melihat dunia itu, saya juga sangat concerned dengan kemungkinan tinggal di Pulau Singa selama sepuluh tahun ke depan, berarti hampir umur 30. Selain pendidikan uni 4 tahun, ada ikatan kerja 6 tahun sebagai ganti pembayaran tuition fees uni! Perjanjian yang kurang menguntungkan, eh? Saya tidak siap jadi orang Singa.

Ketiga, course yang saya dapat di NUS adalah engineering science, yang saya tidak terlalu mengerti apa isinya, tapi terlihat sangat.. sangat.. sangat seperti ilmu dewa tingkat tinggi dengan pelbagai vocab mengerikan seperti nanotechnology... eek... tidak ingin...

Saya setuju banget dengan Dwee, whatever your dreams, pursue it. Jangan asal masuk course yang tidak diinginkan dan menyesal di kemudian hari.

For all pple in the same situation, keep your spirits up. Good luck in choosing.

2 Comments:

Anonymous Anonymous said...

Hi,
Jadi kuliah di mane nih? Di Sydney?
Salam kenal yah.

4:17 PM  
Blogger alice said...

Hi Min! Salam kenal juga :) iya akhirnya gw end up di Sydney. Btw blog ini udah gw berhentikan... kalau berkenan silakan ke blog gw yg baru, http://i-blab.blogspot.com

8:40 PM  

Post a Comment

<< Home